Senin, 08 Desember 2008

Jantung Koroner n Sepeda


Penyakit jantung koroner berbeda dengan jelangkung. Jelangkung bisa datang tak di jemput dan pulang tak diantar. Penyakit jantung koroner juga suka datang tak dijemput, tapi pulang dia suka membawa serta penderitaannya. Penyakit ini terjadi akibat suatu kondisi dimana jantung tidak dapat bekerja dengan semestinya akibat otot jantung mengalami kerusakan gara gra kekurangan oksigen. Penyebab utamanya karena pembuluh darah yang menyempit/mengeras atau yang disebut Aterosklerosis.
Proses Aterosklerosis ini biasanya berlangsung lama tanpa kita rasakan banyak faktor yang berperan pada proses ini, namun yang paling sering adalah kenaikan konsentrasi kolesterol total,kolesterol LDL(low density lipoprotein), trigliserida, dan penurunan kolesyerol HDL(high density lipoprotein)yang disebut dislipidemia.
Perkembangan lain membuktikan, penyakit jantung dimulai akibat adanya proses peradangan(inflamasi)yang berlangsung lama(kronis).Bisanya penyakit ini juga di barengi dengan obesitas (kegemukan).
Sepeda
Berolahraga aerobik termasuk bersepeda,terbukti dapat menekan kadar kolesterol dan melatih otot otot jantung . meskipun demikian, jika anda sudah ketahuan sudah beresiko dengan penyakit itu dan baru akan memulai bersepeda ,lakukanlah dengan hati hati .Ibarat makan,mulailah dengan menu yang sangat kecil,lalu secara perlahan naikkan porsi makannya hingga sebanyak banyaknya .
Yang dimaksud kecil disini memilih jam perhari.Bila terjadi rasa nyeri didada.hentikan dulu latihan.
sejalan dengan berjalannya waktu.tambahlah durasi hingga lebih dari 1 jam?hari.Saat sudah mulai rutin bersepeda dalam tiga bulan,durasi bisa di tambah lagi menjadi lebih panjang.
Bagi mereka yang punya resiko rendah,sepeda akan menjauhka anda dari penyakit ini.Berolahraga akan menjauhkan anda dari obesitas(asal sehabis bersepeda tidak balas dendam makannya)serta resiko kenaikan kadar gula dalam darah.

Tidak ada komentar: